Senin, 09 Mei 2011

mobile computing

komputasi Mobile adalah bentuk interaksi manusia-komputer di mana sebuah komputer diharapkan akan diangkut selama pemakaian normal. komputasi Mobile memiliki tiga aspek: komunikasi mobile, perangkat mobile, dan software mobile. Aspek pertama membahas masalah-masalah komunikasi dalam jaringan ad-hoc dan infrastruktur serta properti komunikasi, protokol, format data dan teknologi beton. Aspek kedua adalah pada perangkat keras, misalnya, perangkat mobile atau komponen perangkat. Transaksi aspek ketiga dengan karakteristik dan persyaratan aplikasi mobile.

komputasi Mobile adalah "mengambil komputer dan semua file yang diperlukan dan keluar perangkat lunak ke lapangan."

"Mobile komputasi: mampu menggunakan perangkat komputasi bahkan ketika sedang mobile dan karena itu mengubah lokasi. Menjadi Portabilitas merupakan salah satu aspek dari komputasi mobile."

Perangkat

Banyak jenis komputer mobile telah diperkenalkan sejak tahun 1990-an termasuk:

Keterbatasan

  • bandwidth tidak mencukupi: Mobile Internet Akses umumnya lebih lambat dibandingkan koneksi kabel langsung, dengan menggunakan teknologi seperti GPRS dan EDGE , dan lebih baru-baru ini HSDPA dan HSUPA 3G jaringan. Jaringan ini biasanya tersedia dalam jangkauan menara ponsel komersial. kecepatan tinggi LAN nirkabel yang murah tapi memiliki rentang yang sangat terbatas.
  • Standar Keamanan: Ketika bekerja satu mobile tergantung pada jaringan publik, yang membutuhkan penggunaan hati-hati VPN . Keamanan merupakan masalah utama, pada saat concering standar mobile computing pada armada. Satu dapat dengan mudah menyerang VPN untuk jumlah yang sangat besar dari jaringan interkoneksi melalui baris.
  • Konsumsi daya: Ketika sebuah stopkontak listrik atau generator portabel tidak tersedia, komputer mobile harus bergantung sepenuhnya pada daya baterai. Dikombinasikan dengan ukuran kompak banyak perangkat mobile, ini sering berarti baterai yang luar biasa mahal harus digunakan untuk mendapatkan masa pakai baterai yang diperlukan.
  • gangguan Transmisi: Cuaca, medan, dan jangkauan dari titik sinyal terdekat semua bisa mengganggu penerimaan sinyal. Penerimaan dalam terowongan, beberapa bangunan, dan daerah pedesaan seringkali miskin.
  • Potensi bahaya kesehatan: Lebih kecelakaan mobil terkait dengan driver yang berkomunikasi dengan perangkat mobile. Ponsel dapat mengganggu perangkat medis yang sensitif. Ada dugaan bahwa sinyal telepon seluler dapat menyebabkan masalah kesehatan.
  • Manusia antarmuka dengan perangkat: Layar dan keyboard cenderung kecil, yang mungkin membuat mereka sulit untuk digunakan. metode input alternatif seperti pengenalan pembicaraan atau tulisan tangan membutuhkan pelatihan.

komputasi Dalam dan komputasi armada

Banyak bidang pasukan pemerintah dan komersial menyebarkan sebuah komputer portabel ruggedized seperti Panasonic Toughbook atau lebih besar rak-mount komputer dengan armada mereka kendaraan. Ini mengharuskan unit yang akan berlabuh ke kendaraan untuk keselamatan pengemudi, keamanan perangkat, dan ergonomi . komputer ruggedized adalah nilai untuk getaran berat yang terkait dengan kendaraan dinas besar dan mengemudi off-road dan kondisi lingkungan yang keras dari penggunaan profesional konstan seperti di layanan medis darurat , kebakaran, dan keselamatan publik.

Unsur lain yang memungkinkan unit berfungsi dalam kendaraan:

  • Suhu operasi : Sebuah kabin kendaraan sering dapat mengalami perubahan suhu dari-20F untuk 140 F. Komputer biasanya harus mampu menahan suhu ini ketika beroperasi. kipas pendingin Khas berdasarkan telah menyatakan batas 95F-100F suhu sekitar, dan suhu di bawah titik beku lokal memerlukan pemanas untuk membawa komponen sampai suhu operasi (berdasarkan studi independen oleh Grup SRI dan oleh Panasonic R & D).
  • Getaran: Kendaraan biasanya memiliki getaran yang cukup besar yang dapat mengurangi harapan hidup komponen komputer, terutama rotasi penyimpanan seperti HDD .
  • Siang hari, sinar matahari atau dibaca: Visibilitas layar standar menjadi isu di sinar matahari cerah.
  • Touchscreens: ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah berinteraksi dengan unit-unit di lapangan tanpa melepas sarung tangan.
  • baterai Lithium ion yang sensitif terhadap kondisi suhu tinggi untuk pengisian. Sebuah komputer yang dirancang untuk lingkungan mobile harus dirancang dengan fungsi pengisian temperatur tinggi yang membatasi biaya ke 85% atau kurang dari kapasitas.
  • koneksi eksternal nirkabel, dan GPS eksternal antena koneksi: Diperlukan untuk bersaing dengan logam khas kabin kendaraan dan dampaknya terhadap penerimaan nirkabel, dan untuk mengambil keuntungan dari banyak lagi peralatan tranception mampu eksternal.

Beberapa produsen khusus seperti Pertama Mobile Technologies, Inc Produk Nasional ( Ram Mount ), Gamber Johnson dan LedCo membangun tunggangan untuk kendaraan pemasangan peralatan komputer untuk berbagai kendaraan. Para gunung dibangun untuk menahan kondisi yang keras dan mempertahankan ergonomi.

perusahaan instalasi khusus mengkhususkan diri dalam merancang mount desain, perakitan bagian-bagian, dan memasang mereka dalam cara yang aman dan konsisten dari airbag HVAC kontrol kendaraan,, dan kontrol driver. Sering instalasi akan termasuk WWAN modem, penyejuk peralatan listrik, dan WWAN / WLAN / GPS / etc. Transceiver antena dipasang di luar kendaraan. akses mobile internet umumnya lebih lambat dibandingkan koneksi kabel langsung, dengan menggunakan teknologi seperti general packet radio service (GPRS) dan Enhanced Data untuk GSM Evolution (EDGE), dan baru-baru jaringan 3G. Jaringan ini biasanya tersedia dalam jangkauan menara ponsel komersial. LAN nirkabel kecepatan tinggi yang murah, tetapi memiliki jangkauan sangat terbatas

perangkat komputasi Portable

Ada beberapa kategori perangkat komputasi portabel yang dapat berjalan di baterai tetapi tidak biasanya digolongkan sebagai laptop: komputer portabel, tablet PC keyboardless, Internet tablet, PDA, ultra mobile PC (UMPC) dan smartphone.

Sebuah komputer portabel adalah-tujuan komputer umum yang dapat dengan mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat, tetapi tidak dapat digunakan saat dalam perjalanan, biasanya karena memerlukan beberapa "setting-up" dan sumber daya AC. komputer portable juga disebut "diangkut" atau "luggable" PC.

Sebuah tablet PC yang tidak memiliki keyboard (juga dikenal sebagai konversi tablet PC-non) adalah berbentuk seperti batu tulis atau notebook kertas, fitur layar sentuh dengan stylus dan perangkat lunak pengenal tulisan tangan. Tablet mungkin tidak cocok untuk aplikasi yang memerlukan keyboard fisik untuk mengetik, tetapi sebaliknya mampu melaksanakan tugas paling bahwa laptop biasa akan bisa melakukan.

A personal digital assistant (PDA) adalah, kecil biasanya berukuran saku, komputer dengan fungsi terbatas. Hal ini dimaksudkan untuk melengkapi dan untuk sinkronisasi dengan komputer desktop, memberikan akses ke kontak, buku alamat, catatan, e-mail dan fitur lainnya.

Sebuah PDA dengan web browser adalah tablet Internet, suatu alat Internet dalam bentuk tablet. Tidak seperti PC tablet, tablet Internet tidak memiliki daya komputasi banyak dan suite aplikasi adalah terbatas, dan tidak dapat menggantikan komputer tujuan umum. Internet tablet biasanya fitur pemutar MP3 dan video, web browser, aplikasi chatting dan penampil gambar.

Sebuah ultra mobile PC adalah fitur, PDA-berukuran penuh komputer yang menjalankan sistem operasi-tujuan umum.

Sebuah ponsel pintar adalah PDA dengan fungsi ponsel yang terintegrasi. smartphone saat ini memiliki berbagai fitur dan aplikasi diinstal.

Sebuah carputer adalah perangkat komputasi terpasang di mobil. Beroperasi sebagai komputer nirkabel, sound system, GPS, dan pemutar DVD. Hal ini juga berisi perangkat lunak pengolah kata dan bluetooth kompatibel.

Sebuah Pentop Fly Fusion komputer adalah perangkat komputasi ukuran dan bentuk pena. Ini berfungsi sebagai alat menulis, MP3 player, penerjemah bahasa, perangkat penyimpanan digital, dan kalkulator.

Batas yang memisahkan kategori-kategori ini kabur di kali. Sebagai contoh, OQO UMPC juga merupakan ukuran tablet PC-PDA, yang eMate Apple memiliki faktor bentuk clamshell dari sebuah laptop, tapi berlari software PDA. The HP Omnibook baris laptop termasuk beberapa perangkat cukup kecil untuk disebut ultra mobile PC. Hardware dari Nokia 770 Internet tablet pada dasarnya sama dengan PDA seperti Zaurus 6000, satu-satunya alasan itu bukan disebut PDA adalah bahwa hal itu tidak memiliki PIM perangkat lunak. Di sisi lain, baik 770 dan Zaurus dapat menjalankan beberapa perangkat lunak desktop Linux, biasanya dengan modifikasi.


sumber : wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar