Minggu, 24 Oktober 2010

analisis pesaing bisnis retail di indonesia

Seperti yang kita ketahui persaingan bisnis retail di Indonesia menunjukan pertumbuhan yang cukup signifikan. Dikarenakan potensi pasar di Indonesia masih cukup besar dan menguatnya usaha kelas menengah dan kecil, telah menambah banyaknya kelompok masyarakat berpenghasilan menengah-atas yang memiliki gaya hidup belanja di ritel modern salah satunya adalah minimarket.

Persaingan bisnis retail ini tidak terlepas dari berbagai macam strategi dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan tersebut, beberapa tujuan yang biasanya ditetapkan adalah maksimalisasi penjualan, maksimalisasi keuntungan, maksimalisasi pengembalian investasi dan maksimalisasi biaya.

Persaingan bisnis ini dapat dilihat dari omset yang didapatkan masing- masing minimarket dalam rangka memaksimalisasi keuntungan. Serta seberapa banyak cabang atau gerai yang dapat dibuka oleh perusahaan minimarket tersebut. Sebut saja minimarket A yang dalam waktu dekat dapat membuka cabang lebih banyak dari minimarket B yang tersebar diberbagai kota besar maupun pelosok- pelosok desa yang biasanya letaknya berdekatan (bersebrangan jalan atau beda blok). Selain itu persaingan juga dapat terlihat dengan adanya kerjasama yng dilakukan oleh minimarket A dengan perusahaan tertentu, dan membuka cabang lain yang masih berada dalam satu naungan perusahaan yang sama. Hal ini merupakan suatu strategi dalam persaingan bisnis retail. Keberhasilan dalam menarik perhatian konsumen tidak terlepas dari strategi- strategi bisnis yng diterapkan perusahaan minimarket tersebut. Selanjutnya untuk strategi- strategi yang diterapkan pada masing- masing minimarket akan dibahas pada posting selanjutnya. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar