Selasa, 05 Oktober 2010

JENIS DAN TIPE BISNIS DI BIDANG TIK

Terdapat 2 tipe bisnis dalam bidang TIK, yaitu:

  1. Produk
  2. Penyedia layanan ( jasa ).

Produk dalam hal ini adalah hardware dan software.

  1. Hardware computer adalah bisnis yang cukup menguntungkan. Banyak perusahaan yang bersaing dalam bisnis dibidang hardware, mereka bersaing dan berlomba- lomba dalam menciptakan suatu hardware yang memiliki performa yang lebih baik.
  2. Software adalah barang yang selalu diminati, akan tetapi harganya yang terbilang mahal selalu menjadi kendala. Oleh karena itu, sekarang muncul software yang bisa didapatkan secara gratis.

Penyedia layanan ( jasa ) dapat berupa penyedia jasa konsultasi dan bisnis online.

  1. Layanan konsultasi sangat dibutuhkan untuk perusahaan- perusahaan atau orang yang belum paham terhadap computer untuk memberikan beberapa saran. Saran tersebut dapat berupa saran untuk pemilihan hardware atau software, pembuatan program, dll.
  2. Bisnis online dapat berupa e-commerce, yaitu kegiatan penjualan dan pembelian barang dagangan melalui internet atau media elektronik. E-commerce merupakan bagian dari e-business di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:

· E-mail dan Messaging

· Content Management Systems

· Dokumen, spreadsheet, database

· Informasi pengiriman dan pemesanan

· On-line Shopping

· Online Banking

Tidak ada komentar:

Posting Komentar