Sabtu, 16 Oktober 2010

ANALISIS SITUASI PASAR PRODUK RETAIL

Retail adalah kegiatan penjualan atau pemasaran barang dan jasa kepada konsumen. Tujuan dari para produsen adalah untuk memasarkan produknya agar sampai ke tangan konsumen. Dalam hal ini saya akan menganalisa situasi pasar antara dua perusahaan retail (retail store) yaitu minimarket A dan minimarket B.

Dilihat dari segi profil minimarket tersebut, yaitu meliputi visi , misi, dan budaya . minimarket A mempunyai VISI yang lebih berorientasi pada pengusaha kecil dan pemenuhan kebutuhan terhadap konsumen. Sedangkan minimarket B mempunyai misi untuk mejadi aset nasional yang unggul dalam persaingan global. Untuk MISI minimarket A ditekankan kepada pelayanan kualitas yang unggul dan selalu menegakkan etika bisnis dan ikut berrtisipasi dalam membangun negara. Dan dalam hal BUDAYA kedua minimarket memiliki kesamaan yaitu memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen.

Dilihat dari segi konsumen, pemilihan retail store didasarkan pada kebutuhan ekonomi namun tidak banyak juga konsumen yang mendasarkan pilihannya pada kebutuhan emosional. Beberapa faktor ekonomi yang mempengaruhi pemilihan retail adalah :

1. Harga : misalnya harga pada minimarket A lebih murah dari minimarket B walaupun hanya berbeda beberapa rupiah saja.

2. Produk yang ditawarkan : dilihat dari kelengkapan produk yang dijual pada minimarket tersebut.

3. Kemudahan akses : seperti tempat parkir, dan kemudahan dalam sistem pembayaran dan dalam penempatan suatu barang sehingga lebih mudah untuk ditemukan.

4. Kualitas produk yang ditawarkan.

5. Service yang diberikan : misalnya pengiriman barang ke rumah, penggantian produk yang rusak, dan kejujuran serta keramahan karyawan minimarket tersebut.


Dari beberapa perbandingan diatas situasi pasar sangat dipengaruhi oleh konsumen dalam memilih minimarket mana yang lebih cocok untuk dirinya dan ekonomi konsumen tersebut. Selain itu harus pandai- pandai dalam menciptakan ide promosi dan harus mengenal tipe- tipe dan perilaku konsumen, maka perusahaan yang bersangkutan akan dapat meraih keuntungan yang jauh lebih besar daripada para pesaingnya, karena dengan dipahaminya perilaku konsumennya, perusahaan dapat memberikan kepuasan secara lebih baik kepada konsumennya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar